Selasa, 27 Maret 2012

Journey To Bali

Di tengah-tengah liburan semester yang panjang ini tiba-tiba saya dikontak sama Shanty, temen sekelas, katanya anak-anak ngajakin liburan ke Surabaya sama Banyuwangi, di sana mau main ke rumah Dinar dan Tito yang rumahnya di dua kota tersebut, terus lanjut deh ke Bali. Awalnya saya males, yaaa kantong lagi tipis. Tapi saya dibilangin kalo kita jalan-jalannya jalan-jalan hemat, backpackeran, ngeteng pula. Ya udah deh akhirnya saya mau ikutan.

Yang ikut liburan saya, Rivan, Shanty, Ray, Rifky, Lucky, dan Mima, pacarnya Lucky. Semuanya anak Antropologi Unpad 2010 kecuali Rifky sama Mima. Berangkatnya tanggal 20 Januari dari Jatinangor. Tanggal 19 gw balik ke Jatinangor, setelah malemnya ngumpul dulu ngomongin berangkat, besoknya subuh-subuh dianterin sama orangtua Lucky ke Stasiun Kiaracondong Bandung. Dari sana naik kereta ekonomi ke Surabaya. Ini pertama kali saya naik kereta setelah terakhir waktu SD, hahaha. 17 jam naik kereta ekonomi sensasinya emang beda, yang biasanya gw kalo perjalanan panjang naik bus AC yang bisa leha-leha selama perjalanan, kalo naik kereta ekonomi boro-boro deh... Awalnya emang asik, kita pada norak ngeliatin pemandangan tapi lama-lama mulai kepanasan, keretanya berhenti melulu, duduk sempit-sempitan, kadang kita ganti-gantian ngalah supaya ada yg bisa ngelurusin kaki. Dan yang paling bikin gak tahan itu pedagang asongannya, segala macem barang didagangin mulai dari makanan, buku, sampe jasa cek tensi darah. Baru mau tidur tau-tau ada aja yang ngelemparin barang dagangannya, kalo pun ga dilemparin itu pedagang teriak-teriak kenceng banget berasa di pinggir kuping, lewat satu pedagang dateng pedagang lainnya, gak putus-putus deh.

Biar pun berisik, panas, dan berhenti-berhenti mulu tapi keretanya tepat waktu. Jam 11 malem kita sampe di Stasiun Wonokromo Surabaya. Sampe Surabaya rupanya Dinar yang rumahnya di sana ga bisa ketemuan jadilah kita bingung mau ke mana, kereta ke tujuan selanjutnya, Banyuwangi, masih besok siangnya. Tadinya rencana mau tidur di stasiun tapi untungnya si Rivan udah ngehubungin budhe-nya dan kita dibolehin nginep. Rumah budhe-nya Rivan ada di daerah Rewwin, Sidoarjo. Dari stasiun naik mobil elf, setelah muter-muter akhirnya diturunin di seberang Terminal Bungurasih/Purabaya. Jalanan Surabaya emang ngebingungin, jalannya besar-besar dan belok-belok, tau-tau masuk jalan tol, tau-tau ada di terminal, tau-tau udah ada di Sidoarjo zzzz.... Tapi saya suka kotanya, bersih, jalanannya rapi, ga sumpek deh.

Setelah diturunin dari mobil elf kata tukang becak dari sana jalan lurus aja sekitar 3 kilometer. Setelah jalan lama kok rasanya gak nyampe-nyampe? Ternyata ke rumah budhenya Rivan masih 7 kilometer lagi. Hahaha buset, 3 kilometer rasa 7 kilometer ini mah. Selama perjalanan ekspresinya pada macem-macem, ada yang pasang muka bete, nahan buang air, kecapean abis perjalanan jauh, ada juga yang selow-selow aja kayak saya hehehe. Pas nyampe di rumah budhe Endang, budhenya Rivan, langsung deh semua pada melaksanakan hasrat terpendam, ada yang langsung ke kamar mandi, rebahan, ngadepin kipas angin, yang laper keluar beli makanan hahaha. Terus tidur deh... Budhe Endang baik banget, orangnya ramah, pagi-pagi kita dimasakkin makanan, siangnya malah mau dibawain bekal buat di jalan tapi akhirnya dimakanin di rumah.

Dari Sidoarjo kita naik bus ke Banyuwangi dari Terminal Bungurasih/Purabaya. Tadinya mau naik kereta tapi kehabisan tiket jadi kita naik bus. Di jalan pas lewat Porong (pas banget sebelah tanggul lumpur Lapindo) busnya nyerempet motor, kena macet di Probolinggo, terus busnya pake acara pecah ban, jadi kita mesti nunggu bannya diganti, setelah diganti ternyata busnya gak kuat jadi kita dioper ke bus lain, dan di bus lain itu kita berdiri, ga dapet tempat duduk. Perjalanan ke Banyuwangi yang katanya 5 jam jadi memakan waktu sampe hampir 10 jam.

Sampe Banyuwangi kita dijemput Tito dan langsung ke rumahnya. Berhubung udah malem dan udah pada cape jadi deh sampe rumahnya langsung pada tepar. Di Banyuwangi kita 3 hari. Hari pertama kita istirahat terus ke Perkebunan Kalibendo bareng temennya Tito: Jedi dan Erwino. Di sana ada sungai kecil gitu yang lumayan deras. Di sana kita cebar-cebur lumayan lama. Tadinya saya ga niat berenang, cuma celup-celup kaki aja, tapi berhubung kepeleset ke air ya udah lanjut deh berenang, pas disuruh lompat dari batu pinggir sungai gw ga mau, haha cupu abis ya. Terus si Ray pantatnya kepentok batu, jadilah doi beberapa hari ke depan ngeluh pantatnya kesakitan. Abis dari Kalibendo kita makan bakso lanjut jalan-jalan keliling Banyuwangi terus mampir ke alun-alun. Alun-alunnya bersih dan teratur, suasananya hidup banget. Tempatnya rame sama anak muda dan keluarga pada kongkow-kongkow. Kita foto-foto di sana terus nyobain jalan setapak berbatu-batu buat refleksi. Hari kedua kita ke pantai di Banyuwangi yang menghadap ke selat Bali, masih sama temennya Tito, kali ini Erwino dan Ryan. Pantainya pantai batu gitu, bukan buat berenang. Dari pantai itu bisa keliatan Pulau Bali. Di sana ada saung-saung gitu buat duduk-duduk tapi berhubung pas nyampe taunya hujan, jadi deh kita duduk di dalem tenda terpal, makan es kelapa, makan bakso, sambil ngeliatin hujan di pantai. Besok paginya kita dianterin papanya Tito ke Pelabuhan Ketapang.

Kesan saya di Jawa Timur adalah orangnya baik-baik. Waktu perjalanan ke rumah budhenya Rivan di Sidoarjo cuma niat nanya doang sama bapak-bapak taunya malah salah satu dari kita dianterin pake motor, di bus menuju Banyuwangi keneknya biarpun garang tapi ramah, sepanjang jalan ngelawak terus sampe penumpangnya ketawa-ketawa, saya sih ga ngerti bahasanya tetep senyum-senyum aja, belum lagi budhenya Rivan, keluarga sama temen-temen Tito, baik banget semuanya. Nice! Lalu next destination, Bali!